fbpx
Info  

Sekda Kuningan Lepas 324 Calon Jemaah Haji Kloter 13

RADARPRIANGAN.ID – KUNINGAN – Untaian kalimah talbiyah menjadi pengiring keberangakatan calon jamaah haji Kabupaten Kuningan tahap 2, yaitu Kloter 13 sebanyak 432 orang. Sekda Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si melepas keberangkatan di halaman Kuningan Islamic Center (KIC) pada Kamis pagi (23/5/2024).

Unsur Forkopimda, Kepala Kantor Kementrian Agama, Ketua MUI, IPHI, FK KBIH, Baznas, Ketua Dharma Wanita, Para Alim Ulama, dan Tokoh Masyarakat dan keluarga turut menyaksikan. Sekda Kuningan menyampaikan doa terbaik untuk seluruh jamaah haji.

“Kami berharap kepada seluruh jamaah untuk selalu menaati berbagai peraturan yang ada, selalu tertib, dan khidmat dalam melaksanakan tuntutan ibadah. Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan, keselamatan serta kekuatan sehingga bisa menyelesaikan semua rangkaian ibadah haji dan kembali lagi dengan selamat dan menyandang gelar Haji yang Mabrur dan Mabrurah ,” jelas Dian.

Agar ibadah haji bisa paripurna, Dian mengtakan, harus benar-benar pasrah kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya pasrah. “Serahkan keluarga dan berbagai urusan di rumah kepada Allah SWT, karena Dia-lah yang akan menjaganya. Sebagai tamu Allah, maka bergembira dan berbahagialah semuanya.” Harap Dian.

Jadwal Keberangkatan

Sementara itu, penanggungjawab Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Kabupaten Kuningan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. Kuningan Toni Kusumanto, AP., M.Si menyebutkan jumlah calon jamaah haji Kabupaten Kuningan tahun 2004 seluruhnya sebanyak 1052 yang terbagi atas 3 kloter, yaitu kloter 6, 13 dan kloter 30.

“Koter 6 yang telah berangkat yaitu jumlah calon jamaah haji sebanyak 431 orang beserta petugas sebanyak 8 orang jadi total yang telah berangkat 439 orang,” paparnya.

Toni mengatakan, sementara kloter 13 yang hari ini berangkat sebanyak 440 calon jamaah haji, di antaranya 432 jemaah dan 8 petugas. Sedangkan kloter 30 sebanyak 173 calon jemaah akan berangkat pada tanggal 9 Juni 2004.

Untuk rombongan pertama kloter 13, menurutnya akan berangkat masuk ke asrama Haji Indramayu pada pukul 13.00 WIB. Selanjutnya calon jemaah menuju bandara Kertajati Majalengka pada tanggal 24 Mei 2024 pukul 05.50 WIB. “Untuk kepulangan kloter 13 tanggal 4 Juli dengan nomor penerbangan SP-5670 landing pukul 21.40 WIB,” ucapnya.

Buah Ketulusan

Ada hal yang menjadi hikmah dari jemaah calon haji. Berawal dengan membulatkan niat untuk panggilan haji, Ejong Jakri (83), Desa Gersik, Kec. Ciawigebang yang sebelumnya keseharian jual beli hasil bumi terutama ubi jalar (sampeu). Dari hasil penjualannya menyisihkan dengan menabung mulai Tahun 2012. Akhirnya sekarang berangkat, kendati kondisi kesehatan sambil bawa kursi roda. “Alhamdulillan saya berangkat ke baitullah bersama anak,” paparnya.

Selain itu, kondisi keberangkatan dengan jemaah banyak yang sudah usia lanjut mendapatkan perhatian juga, tampak anggota polisi menggendong salah satu jemaah haji yang usia lanjut. “Semoga, ketulusan akan berbuah keiklasan, keiklasan akan berbuah kesabaran, dan kesabaran akan berbuah kelapangan, dan kelapangan akan berbuah kemudahan, Aamiin,” pungkas Yudi

Editor : Maman Nurjaman, S.M
Kontributor : Rojik